FORMULASI DAN SIFAT FISIK MASKER GEL PEEL-OFF DARI KOMBINASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L) DAN WORTEL (DAUCUS CAROTA L)

Authors

  • Nur Ika Sari Universitas Sahid Surakarta
  • Lianti Sari Universitas Sahid Surakarta
  • Mustika Inayatul Khasanah Universitas Sahid Surakarta
  • Tania Ardea Putri Universitas Sahid Surakarta
  • Fadilah Qonitah Universitas Sahid Surakarta

Abstract

Ekstrak daun pepaya dan wortel bermanfaat sebagai antioksidan. Oleh karena itu, dapat dikembangkan dalam bentuk sediaan masker gel peel-off antioksidan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh formulasi sediaan masker gel peel-off yang memiliki mutu fisik yang baik. Penentuan evaluasi fisik dilakukan dengan uji organoleptis, homogenitas, pH, daya sebar, daya lekat, waktu mongering dan viskositas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan masker gel peel-off yang dibuat dari bahan aktif ekstrak daun pepaya dan wortel dengan konsentrasi ekstrak 1%:1%, 3%:3%, dan 5%:5% memenuhi standar masker gel yang baik secara fisika dan kimia yaitu dilihat dari organoleptis, homogenitas, pH, daya sebar, daya lekat, waktu mongering dan viskositas.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Sari, N. I., Sari, L. ., Khasanah, M. I. ., Putri, T. A. ., & Qonitah, F. . (2023). FORMULASI DAN SIFAT FISIK MASKER GEL PEEL-OFF DARI KOMBINASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L) DAN WORTEL (DAUCUS CAROTA L). Indonesian Journal of Public Health, 1(3), 321–328. Retrieved from https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOH/article/view/223

Issue

Section

Articles