PENERAPAN PROGRAM FATAL RISK MANAGEMENT (FRM) DAN ZERO TOLERANCE MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN KERJA PADA PT X (STUDI LITERATUR)

Authors

  • Agnes Ayu Biomi Universitas Bali
  • Willy Heince Karubaba Universitas Bali

Abstract

Sejak tahun 2017, PT X telah menjalankan program Fatal Risk Management (FRM), yaitu tidak adanya kecelakaan fatal bagi pekerja akibat kegiatan penambangan dan Zero Tolerance. Kondisi pandemi juga menambah beban kerja karena pembatasan jumlah tenaga kerja maka perusahaan berusaha memperketat program ini dan terus mensosialisasikannya. Fokus perusahaan mengutamakan program-program tersebut dalam kondisi pandemi seperti ini adalah untuk mengurangi kecelakaan kerja di PT X. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dimana penelitian ini berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi literatur. Metode pengumpulan data yang dikumpulkan peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari bahan bacaan atau data penunjang seperti buku, jurnal penelitian, bukti dan catatan untuk melengkapi penelitian yang diperoleh dari PT.X. Dalam pencegahan cedera serius dan kematian FRM penting untuk dapat diterapkan. FRM terdiri dari identifikasi, penilaian, dan mitigasi risiko fatal tertentu. Penerapan FRM dan Zero tolerance di PT. X berjalan dengan baik dimana sudah ditetapkan sebagai peraturan perusahaan dan diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan kerja terutama untuk kecelakaan kerja fatal.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Biomi, A. A., & Karubaba, W. H. . (2023). PENERAPAN PROGRAM FATAL RISK MANAGEMENT (FRM) DAN ZERO TOLERANCE MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN KERJA PADA PT X (STUDI LITERATUR). Indonesian Journal of Public Health, 1(1), 64–69. Retrieved from https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOH/article/view/188

Issue

Section

Articles