PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AR (AUGMENTED REALITY) BERBASIS 3D MENGGUNAKAN ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 3 SUB TEMA 1 DI SDN 065015 MEDAN

Authors

  • Mustiranda Ginting Universitas Negeri Medan
  • Husna Parluhutan Tambunan Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Augmented Reality sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 Kelas IV SD di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 065015 Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif tipe pilihan berganda dan instrument non tes berupa angket. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji t-test yang telah dilakukan dengan program SPSS, maka hasil hipotesis kelas kontrol diperoleh signifikansi 0,03 yang merupakan kurang dari taraf signifikan α= 0,05, atau 0,0 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada kelas eksperimen 0,00 yang merupakan kurang dari taraf signifikan α= 0,05, atau 0,00 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi assemblr edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik siswa SDN 065015 Medan.

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles