PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME BERBASIS METODE FUN LEARNING PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA

Authors

  • Robenhart Tamba Univeritas Negeri Medan
  • Widya Anggraini Univeritas Negeri Medan
  • Demmu Karo-Karo Univeritas Negeri Medan
  • Risma Sitohang Univeritas Negeri Medan
  • Dody Felix Pandimun Ambarita Univeritas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pada pengembangan media board game berbasis metode fun learning pada tema 7 subtema 1 di Kelas IV A SD Negeri 101766 Bandar Setia. Subjek pada penelitian ini sebanyak 23 orang siswa kelas IV A. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah penelitian yaitu, 1) analisys, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi, analisis data menggunakan data kualititif dan kuantitatif dengan analisis skala likert. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media board game berbasis metode fun learning pada tema 7 subtema 1. Berdasarkan Uji kelayakan media yang telah dilakukan oleh ahli materi dan media mendapakan kategori “Sangat Layak” dengan presentase penilaian 90,8 % dan 90,6%. Uji kepraktisan dilakukan oleh respon siswa dan guru mendapatkan kategori “Sangat Praktis” dengan presentase penilaian 84% dan 90%. Uji Keefektifan didasarkan pada hasil belajar siswa yang telah dilakukan dengan menggunakan instrument pretest dan posttest.

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles