PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 DI KELAS IV SDN 066664 MEDAN T.A 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari instrumen evaluasi berbasis game edukasi wordwall pada tema 6 subtema 2 di kelas IV SDN 066664 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 066664 Medan. Penelitian ini menghasilkan suatu produk yaitu instrumen evaluasi berbasis game edukasi wordwall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Berdasarkan persentase hasil validasi ahli, kevalidan media memenuhi kriteria "Valid". Dalam hal ini diperoleh presentase nilai ahli media sebesar 82% dan persentase nilai ahli materi sebesar 83%. Kepraktisan media memenuhi kriteria "sangat praktis" berdasarkan hasil persentase angket respon praktisi pendidikan (guru) yaitu sebesar 88,75%. Kepraktisan media memenuhi kriteria "sangat praktis" ini dilihat hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan instrumen evaluasi wordwall mengalami peningkatan dari rata-rata 53,59% menjadi 84,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi berbasis game edukasi Wordwall pada tema 6 subtema 2 dikelas 4 dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.