IMPLEMENTASI YEL-YEL DAN GAMES DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI DI MI IHYAUDDIN NGAYUNG MADURAN LAMONGAN

Authors

  • Dwi Rosyidatul Kholidah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Fattah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan yel-yel dan game dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Ihyauddin Ngayung. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Alasan penggunaan jenis penelitian kualitatif deskriptif ini karena peneliti ingin mengulas secara nyata dan apa adanya tentang implementasi yel-yel dan games dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VI di MI Ihyauddin Ngayung Maduran Lamongan. Hasil penelitian ini, adalah 1) implementasi yel-yel terbukti sangat efektif dalam menyiapkan aspek psikologi siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kembali pada zona alfa agar bisa merasakan pembelajaran yang lebih menyenangkan. Yel-yel juga sangat efektif membangun kekompakan dan kerja sama dalam kelompok ataupun secara individu. 2) Hal ini juga berlaku dalam penggunaan games dalam pembelajaran yang sangat menarik bagi siswa, karena games atau permainan adalah salah satu jenis teknik pembelajaran yang bisa membuat siswa kembali bersemangat. Rasa mengantuk dan bosan akan kembali hilang saat mereka melakukan permainan. Melalui permainan suasana yang tadinya membosankan akan menjadi cair sehingga pembelajaran akan kembali kondusif dan semangat belajar siswa pun akan kembali seperti pada awal pembelajaran. Siswa akan kembali fokus pada pembelajaran dan tentu saja materi akan lebih mudah dicerna.

Downloads

Published

2023-02-25

Issue

Section

Articles